Luis Suarez Ingatkan Betapa Hebatnya Dia dan Barcelona

Luis Suarez Ingatkan Betapa Hebatnya Dia dan Barcelona

Dengan gol menakjubkan melawan Mallorca, Suarez tampak seperti dirinya yang dulu, dan bukan entitas yang lesu seperti dirinya dan Barcelona.

Luis Suarez mungkin tidak lagi dalam perbincangan di antara striker terbaik di dunia, tetapi ia masih mampu melakukan kecemerlangan individu yang luar biasa. Selama akhir pekan, ia mencetak gol yang sangat menakjubkan melawan Mallorca.

Sementara Lionel Messi adalah wajah dan penyelamat tim Barcelona ini, Suarez mewakili keberadaan tim yang aneh lebih baik daripada siapa pun. Messi adalah Atlas yang harus menanggung beban ofensif tim, sementara Suarez adalah segalanya yang buruk dan luar biasa tentang tim.

Suarez lebih tua, lebih lambat, dan tidak jauh dari pemain yang dulu. Dalam sebagian besar pertandingan akhir-akhir ini, ia tampaknya tersandung di atas kakinya sendiri dan berusaha menghendaki tubuhnya untuk melakukan hal-hal yang tidak lagi dapat dilakukannya. Namun Barcelona tidak memiliki pengganti yang cocok untuknya, tidak ada yang menantang tempatnya. Bahkan jika penantang itu ada, Ernesto Valverde kemungkinan akan mempertahankan veteran ke depan seperti dia melakukan sebagian besar pemain yang lebih tua di tim. Barcelona penuh dengan pemain dalam situasi yang sama seperti Suarez, dan timnya cenderung terlihat lesu dan membosankan sebagai hasilnya.

Suarez sendiri telah mendesak klub untuk menemukan penyerang lain untuk ditantang dan berpotensi menggantikannya:

“Ini akan lebih baik bagi saya dan lebih baik bagi klub, karena itu akan memberi makan kompetisi, dan itu akan lebih baik untuk masa depan karena klub dapat mempersiapkan pemain dengan bantuan semua pemain hebat di Barcelona,” katanya kepada publikasi Uruguay Ovacion.

Namun, untuk semua kesalahannya, Suarez memiliki begitu banyak kemampuan bawaan sehingga ia masih bisa membuat keajaiban dari apa yang biasanya merupakan situasi tanpa harapan. Dia bisa mendapatkan umpan sambil berlari dari gawang, dan keluar dari udara tipis, menghasilkan tujuan chip backheel yang mengejutkan kiper, lawan, penonton yang menonton, dan rekan satu timnya sendiri. Dia sudah melewati masa jayanya, tetapi dia masih mempertahankan kualitas sebagai Suarez, yang membuat gol luar biasa menjadi mungkin setiap saat.

Hal yang sama dapat dikatakan untuk Barcelona sebagai sebuah tim. Untuk semua frustrasi yang datang dengan menonton pasukan tua menunggu Messi menyelamatkan hari di setiap pertandingan, berurusan dengan manajer yang tampaknya takut melampaui taktik dan pilihan pemainnya yang aman, klub itu masih Barcelona. Mereka dapat terlihat rentan dan tidak mampu menghadapi lawan yang lebih bersemangat dan berani, dan kemudian tiba-tiba mencetak lima gol dalam pernyataan keunggulan dan keunikan alami mereka.

Masalahnya adalah saat-saat ajaib ini semakin jarang terjadi bagi penyerang dan tim. Sepak bola yang menakjubkan tidak lagi menjadi norma. Akhirnya segala sesuatu harus berubah. Sementara itu, kita dapat menikmati yang luar biasa ketika itu terjadi, baik untuk kualitas individu maupun sebagai pengingat akan apa yang dulu terjadi.